Jumat, 14 November 2008

ROBOT YANG DAPAT MENIRU WAJAH MANUSIA - artikel iptek



Jules (dallasnews)

London - Para ilmuwan terus bermimpi menciptakan robot yang menyerupai manusia. Demi mewujudkan mimpi itu, ilmuwan Inggris pun mengkreasi robot bernama Jules yang mampu menirukan ekspresi wajah manusia secara real time.

Dilansir Metro dan dikutip detikINET, Kamis (13/11/2008), Jules adalah sebuah kepala robot humanoid yang bisa mengubah-ubah ekspresi wajahnya persis sama dengan wajah manusia yang tengah dilihatnya. Jadi, misalnya manusia yang dilihatnya sedang tersenyum, Jules akan ikut-ikutan tersenyum.

Tentunya Jules dibekali beragam teknologi untuk melakukan kebolehan itu. Robot itu rupanya punya perangkat kamera video untuk mendeteksi ekspresi wajah manusia yang lalu dikonversi menjadi instruksi digital sehingga robot bisa menirunya secara real time.

Robot canggih ini juga terbuat dari bahan elastis sehingga mampu bergerak bebas. Jules dibuat oleh tim ilmuwan Bristol Robotics Laboratory (BRL) yang dinaungi oleh University of the West of England dan University of Bristol.

Peter Jaeckel, salah satu ilmuwan BRL menyatakan bahwa penampilan dan kelakuan robot harus disesuaikan dengan kebiasaan sosial manusia karena jika tidak, akan menciptakan ketidaknyamanan bagi manusia kala berhubungan dengan robot.

Jules pun diharapkan sebagai cikal bakal robot yang bisa menolong orang tua atau astronot di angkasa. Sebelumnya, robot yang mampu meniru ekspresi manusia memang pernah diciptakan, namun Jules diklaim sebagai yang paling realistis.

3 komentar:

InDaH's BloG mengatakan...

serem mukanya
:)

YUSUF PUNYA BLOGGER mengatakan...

bisA sama persiiis apa ???

Unknown mengatakan...

wahh,,, liat gambar ni jd igt jalan2 KIR ke pameran robot di glodok... bayangin deh, disna kita ditunjukin video robot jepang yg bnr2 ky manusia jd presenter tv dan bisa itung math logaritma... amazing khan??......:) hehe